Arduino ESP 01 Web Server : Monitoring Suhu dan Kelembaban

Arduino Monitoring Suhu dengan web browser
Arduino ESP 01 Web Server
Arduino ESP 01 Web Server : Monitoring Suhu dan Kelembaban. Sementara kita manfaatkan dulu perangkat yang ada (ESP 01 dan DHT 22) untuk membuat sebuah web server untuk proses monitoring suhu dan kelembaban. Cara pemantauan adalah dengan memalui aplikasi Web browser (opera, google chrome,  Fire fox, etc..) tetapi masih dalam lingkup lokal ya, belum model yang online-onlinan. Kalau masih bingung, contoh aplikasi webserver yang mungkin pernah kamu temui yaitu seperti di Mifi, Access Point, atau router ya model-model seperti itu. Bila pada Tutorial Arduino ESP8266 Serial Wifi Adapter menggunakan board Arduino Mega2560, maka pada totorial ini saya akan menggunakan arduino Uno. Selain itu perlu juga untuk di pelajari basic membaca sensor DHT 22 di Tutorial Monitoring Suhu dan Kelembaban dengan Arduino-DHT22 

Alat dan Bahan
  • Arduino UNO 
  • Modul wifi ESP 01
  • Sensor DHT 22
Wiring
Untuk wiring harap diperhatikan terkait dengan supply pada modul ESP 01 yang menggunakan tegangan 3.3V. Untuk supply tegangan pada DHT menggunakan yang 5V, dan jalur data menggunakan resistor pull-up sebesar 10 kilo ohm. 
Arduino memantau suhu dengan web


Arduino memantau suhu dengan web
Program
Pada dasarnya aplikasi web Browser tersusun atas pemrograman web seperti HTML, CSS, Java Script, dll. Jadi konsep yang akan diterapkan adalah bagaimana agar bahasa pemrograman web tersebut dapat di masukkan kedalam program arduino. Karena memori yang terbatas serta sistem yang sederhana, maka harap dimaklumi untuk desain tampilan hanya sekedar data-data yang diperlukan saja. Untuk program dasar HTML dapat belajar dulu disini. Nah selanjutnya implementasikan program HTML tersebut pada program arduino (silahkan pelajari pada program arduino di bawah).
Untuk program Arduinonya adalah sebagai berikut (Copas saja pada Arduino IDE terus Upload ke arduinonya):

Buka serial Monitor, atur baudrate nya (9600) maka akan tampil data (proses debug)
Arduino ESP8266 memantau suhu
Koneksikan perangkat komputer / HP ke wifi hostpot ESP01. Buka web Browser dan akses alamat IP 192.168.4.1 dari address bar.
membuar webserver arduino

membuar webserver arduino esp8266

arduino webserver monitoring

arduino webserver monitoring

Pencarian Terkait:
  1. Arduino ESP 01 Temperature Web Server
  2. Arduino Web Server menggunakan ESP8266
  3. DHT 22 Arduino Web Server
  4. Arduino Webserver Sederhana