Fix "Permission danied can't open device" Arduino IDE di Ubuntu Linux

Fix "Permission danied can't open device" Arduino IDE di Ubuntu Linux
Permission danied arduino linux

Fix "Permission danied to open arduino usb port" Arduino IDE di Ubuntu Linux. Kita ketahui bahwa Arduino IDE juga dapat dijalankan pada sistem operasi berbasis linux. Nah disini saya akan sharing terkait dengan masalah saat melakukan pemrograman dengan Arduino IDE di Linux Mint. Masalh muncul ketika proses upload program dengan warning "permission danied to acces media/usb arduino port". Setelah tanya sana-sini permasalahannya dikarenakan permission pada perangkat / Port USB yang terkoneksi dengan Arduino masih default. Nah jalan keluarnya adalah merubah permission access pada  arduino USB device.

upload error arduino ubuntu

  • Pastikan driver arduino sudah terinstall dan terhubung dengan PC/laptop (pada kasus ini saya menggunakan Arduino dengan serial chip CH341). Buka terminal selanjutnya ketik perintah:  dmesg | grep tty
can't open device arduino ubuntu
Saya menggunakan arduino clone dengan chip CH341g sebagai USB-Serial converter. Pada gambar diatas perangkat terhubung sebagai  ttyUSB0.
  • Check permission untuk ttyUSB0 dengan perintah: ls -lah /dev/ttyUSB0
permission danied arduino linux

Hasil dari pengecekan adalah crw-rw----- . Artinya ttyUSB0 memiliki 2 permission yaitu untuk user and group, tetapi untuk Aplikasi (Arduino IDE) belum memiliki akses ke perangkat tersebut. Untuk lebih rincinya dapat dipelajari here.

  • Mengganti permission ttyUSB0 dengan perintah :  sudo chmod 666 /dev/ttyUSB0 . Ini akan memberikan permission arduino IDE (dan aplikasi lain) untuk mengakses ttyUSB0.
  • Check kembali apakah sudah berubah permission pada ttyUSB0 dengan perintah: ls -lah /dev/ttyUSB0
upload problem arduino linux
  • OK, Sekarang dapat melakukan Upload Program tanpa ada masalah.
upload problem arduino linux