Full width home advertisement

Arduino Simulation

Post Page Advertisement [Top]

Arduino TutorialDHT22Serial Plot

Monitoring Suhu dan Kelembaban dengan Arduino-DHT22

Monitoring Suhu dan Kelembaban Arduino-DHT22. Salah satu sensor suhu yang sering digunakan dalam project Arduino adalah DHT 22 atau AM2302. Sensor ini merupakan salah satu yang memiliki kinerja yang bagus, respon yang cepat, dan anti-interference capabilities. Memiliki ukuran yang kecil tetapi dapat melakukan transmisi sinyal sampai 20 meter membuat DHT 22 dapat diaplikasikan pada berbagai aplikasi pengukuran suhu dan kelembaban. Sensor ini memiliki tingkat stabilitas yang baik dan fitur kalibrasi yang akurat. Koefisien kalibrasi disimpan dalam program memori OTP, jadi jika sensor internal mendeteksi nilai suhu atau kelembaban, maka modul ini menyertakan koefisien dalam perhitungan.

DHT22 pinout
TECHNICAL DETAILS
  • Low cost
  • 3 to 5V power and I/O
  • 2.5mA max current use during conversion (while requesting data)
  • Good for 0-100% humidity readings with 2-5% accuracy
  • Good for -40 to 80°C temperature readings ±0.5°C accuracy
  • No more than 0.5 Hz sampling rate (once every 2 seconds)
  • Body size 27mm x 59mm x 13.5mm (1.05" x 2.32" x 0.53")
  • 4 pins, 0.1" spacing
Pengaplikasi Arduino - DHT22 
Salah satu aplikasi sederhana dari sensor DHT22 adalah sebagai alat untuk memonitor suhu dan kelembaban ruangan. Hubungkan sensor dengan arduino seperti gambar dibawah (DHT pin 3 tidak terhubung). Pin Data DHT 22 terhuung dengan pin digital 12, pin 1 DHT adalah untuk tegangan 5V dan pin 4 DHT untuk ground.
Arduino-DHT22 Connection
Untuk memantau hasil pembacaan sensor, kita akan menggunakan serial monitor pada Arduino IDE. Kita juga dapat menggunakan LCD 16x2 untuk sistem stand alone sehingga hasil pantauan akan langsung tampil pada LCD tersebut. Sebagai contoh saya menggunakan  Arduino LCD keypad Shield.

Arduino Program
Install terlebih dahulu Library untuk sensor DHT. Terdapat beberapa versi untuk library ini tetapi saya menyarankan library dari adafruit (Library DHT Sensor). Tetapi untuk menggunakan library tersebut, diperlukan juga library lainnya yaitu Adafruit Unified Sensor Driver (download disini). Library ini juga dapat digunakan untuk sensor DHT 11 dan DHT 21 (tinggal mengganti DHTTYPE pada pendefinisian sensornya). Untuk menambahkan library tersebut dapat menggunakan cara dibawah ini.

Sketch=>Include Library=>Add .ZIP Library . Pilih zip file DHT library
Atau dapat juga dengan install langsung secara online. Sketch=>Include Library=> Manage Libraries. Ketik saja DHT nanti akan muncul hasil pencarian dan pilih DHT sensor library by Adafruit
Setelah sukses menambahkan library Sensor DHT, buka contoh program DHT tester (sesuaikan DHT pin dengan pemasangan pada arduinonya), partikan COM PORT dimana arduino terhubung dengan PC/laptop, dan lakukan upload program..
Arduino-DHT22

Arduino-DHT22


Setelah proses Upload selesai, buka Serial Monitor (Tools=>Serial Monitor). Arduino akam mengirim hasil pembacaan Suhu dan Kelembaban ke Serial Monitor.
DHT22 Test

Apabila menginginkan hasil pemantauan dalam grafik, kita juga dapat melakukannya memalui serial plotter (Tools=>Serial Plotter). Edit program contoh tadi seperti berikut :
Arduino-DHT22

Hasil pembacaan suhu dan kelembaban dengan grafik via serial plotter.
Arduino Temperature and Humidity Monitoring

Nah, untuk aplikasi menggunakan penampil LCD 16x2 dapat dicoba dengan kode program dibawah ini. perangkat tambahan yang digunakan adalah LCD Keypad Shield (banyak dipasaran) dan pin 2 DHT22 sensor dihubungkan dengan pin A1 Arduino.

Hasil pembacaan sensor yang kemudian ditampilkan pada LCD.
Arduino DHT22

2 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib