Full width home advertisement

Arduino Simulation

Post Page Advertisement [Top]

Arduino BasicArduino ProteusArduino Simulation

Simulasi Proteus Arduino-LCD 16x2 dengan I2C

Simulasi Proteus Arduino-LCD 16x2 dengan I2C. Bila sebelumnya kita melakukan simulasi menggunakan LCD 16x2 dengan koneksi standar, kali ini kita akan melakukan simulasi  mengontrol tampilan LCD dengan komunikasi I2C. Namun sebelumnya dapat dipelajari dulu terkait denganapa itu I2C (Wikipedia). I2C (I two C) adalah standar komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk mengirim dan juga menerima data. Sistem I2C terdiri dari saluran SCL (Serial Clock) dan SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara I2C dengan pengontrolnya. Dengan menggunakan komunikasi I2C ini kita dapat menghemat jumlah pemakaian pin karena hanya digunakan 2 pin yaitu SDA dan SCL. Pada Arduino pin SDA terdapat pada analog 4 dan SCL pada analog 5. Untuk driver LCD nya kita akan menggunakan ICPCF8574. Ok, just get started!

Peralatan:

Langkah-langkah:
  • Pastikan telah mengistall library arduino pada Proteus. Bila belum, cara istalasi dapat dilihat dan dipelajari  here!
  • Buka Proteus dan siapkan komponen serta susun konektor seperti dibawah ini:
  • Install library LiquidCrystal_I2C. Filenya dapat di unduh di link ini (github). Bula sudah,lanjut buka examples nya (File => Examples => LiquidCrystalI2C => HelloWord).

  • Compile/verify Program (tombol Check list  atau Sketch > Verify/Compile). Setelah program sukses di compile maka akan didapatkan file dengan eksensi .hex . Nah file inilah yang akan kita gunakan untuk menjalankan arduino di Proteus. Cari lokasi file .hex hasil proses Compile (biasanya agak paling bawah).
  • Block dan copy lokasi direktori dari file .hex tersebut (Ctrl+C) selanjutnya paste pada arduino di Proteus (doubel klik arduino => paste pada program file).
  • Run Simulasi dan sistem akan berjalan
Nah, sangat simpel kan. Selanjutnya kita dapat menggunakan penggunaan LCD dengan I2C pada perancangan alat yang lain seperti Robot dsb yang membutuhkan banyak pin I/O. Untuk fungsi-fungsi dari pemrograman juga tidak begitu rumit karena mirip dengan fungsi penggunaan LCD biasa (lcd.print, lcd.setCursor). Sebagai contoh dibawah ini adalah sebagai Simulasi Proteus Arduino-LCD 16x2 dengan I2C untuk Voltmeter DC digital.
Download Proteus File
Download Proteus File

Pencarian Terkait:
  1. Proteus Arduino-LCD I2C
  2. Arduino I2C LCD
  3. Proteus LCD I2C Arduino
  4. Proteus Simulation Arduino I2C LCD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib