Mining Crypto Coin (Duino-Coin (DUCO)) dengan board ESP8266

Mining Crypto Coin (Duino-Coin (DUCO)) dengan nodeMCU board ESP8266
mining duino coin dengan esp8266

Menurut laman Duino Coin, Duino merupakan proyek original crypto coin untuk orientasi bersenang-senang yang dikembangkan oleh tim pengembang muda yang berfokus pada penambangan hemat energi. Nah DUCO ini didedikasikan untuk orang-orang yang baru memulai di dunia kripto karena tidak memerlukan peralatan mahal. Yah klo berbicara hemat energi, memang perangkat mikrokontroller akan lebih hemat bila dibandingkan dengan komputer mining. DUCO dapat diperoleh dengan menambang menggunakan perangkat arduino, esp 8266, esp 32, raspberry pi, bahkan dengan PC komputer, HP android, ataupun HP jadul dengan dukungan web browser (DUCO menyediakan opsi mining dengan menggunakan web browser).

Untuk melakukan proses mining, yang jelas kita memerlukan koneksi internet yang terhubung ke perangkat kita yang difungsikan untuk menambang. Untuk kelas mikrokontroller tentunya sudah tidak asing lagi bahwa mikrokontroller yang memiliki fitur lengkap, harga murah dan sudah ada wifi adapter adalah produk-produk keluaran dari ESP (Espressif) seperti esp8266 dan esp32. OK, kali ini kita akan memberikan tutorial bagaimana cara melakukan mining Duino Coin menggunakan ESP8266 dengan board nodeMCU. 

Alat dan Bahan

  • ESP8266 development board. Disini saya menggunakan NodeMCU amica (yang kecil), temen-temen dapat menggunakan tipe yang lain kok, tinggal sesuaikan saja jenis board nya.
  • Dompet (wallet) duino coin. Ini buat naruh coin hasil miningnya => daftar dulu disini
Langkah 1: Buat Wallet 

Sebelum memulai mining, kita harus mempunyai dompet untuk menampung hasil dari proses mining yang kita lakukan. Apabila belum mempunyai wallet DUCO, silahkan untuk membuat terlebih dahulu melalui link https://wallet.duinocoin.com/register.html. Apabila sudah memiliki, ya tinggal login saja di halamn login https://wallet.duinocoin.com/ . Ok balik ke proses registrasi wallet:

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

Silahkan isikan username dan password yang teman-teman inginkan. Dilanjutkan isi juga miner key nya misal : 321654 atau yanglainnya. Walaupun pengisian miner key pada saat registrasi bersifat optional, namun tetap saja bagian ini harus diisi juga nantinya. Checklist persetujuan dan Create a new wallet. Nah klo tidak ada masalah makan dompet sudah jadi dan siap digunakan.  Buka halaman login wallet di https://wallet.duinocoin.com/, kemudian login dengan username yang sebelumnya didaftarkan.


Langkah 2:Menyiapkan Program mining 

Program mining dapat di kustomisasi via web atau via arduino ide (kalau sudah punya programnya). kalau teman-teman memiliki beberapa perangkat yang sama maka tinggal dibedakan RIG_IDENTIFIER nya. Oke langsung aja buka di https://duinocoin.com/ pilih get started dan kemudian akan muncul halaman untuk memilih device yang akan digunakan untuk menambang, karena kita disini akan menggunakan esp8266, maka kita pilih pada bagian ep8266

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

 
cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

Karena kita udah memiliki akun, maka kita akan kostumisasi program dengan memilih "Yes, I already have an account" yang dilanjutkan untuk mengisikan akun username dan password kemudian pilih login.

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

Selanjutnya akan tampil langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memrogram perangkat miner, yang secara garis besar adalah pastikan kita telah mengistall board esp8266. Langsung saja ke langkah yang ke 5, kita masukkan data terkait nama alat (rig identifier) > diisi bebas sesuai selera, dan wifi + password nya yang kita gunakan untuk terhubung ke internet. Apabila dirasa udah ok semua maka kita dapat langsung download program kodenya.

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

Langkah 3:Upload program ke perangkat

Buka program yang sudah di download (disini saya pake Arduino IDE). Oh ya, sebelumnya pastikan kita telah menginstall library arduino json terlebih dahulu. disini saya menggunakan ArduinoJson versi 6.12. (Cara install library bagi yang belum => buka library manager, trus ketik ArduinoJson, pilih versi 6.12 trus klik install)

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

Pastikan pada variabel terkait username duino coin, koneksi wifi, rig identifier, mining key sudah terisi sesuai.

cara Mining Duino-Coin dengan NodeMCU esp8266

Saat semuanya udah OK, hubungkan perangkat dengan komputer kita, dan mari kita upload programnya ke perangkat esp8266 yang sudah disiapkan. Sebelumnya pilih board, disini saya pilih NodeMCU 1.0 (silahkan disesuaikan dengan board yang digunakan). Jangan lupa sesuaikan juga port COM yang terhubung ke perangkat kita.

*apabila kita akan menambah perangkat miner, kita tinggal mengubah rig identifier nya saja (gak perlu repot-repot mengulang langkah-langkah peripan yang dijabarkan sebelumnya)

cara Mining Duino-Coin dengan ESP8266

Mining Duino-Coin with ESP8266

Nah, apabila sudah dipastikan semuanya maka klik tombol upload program dan tunggu dampai program terupload ke perangkat. Setelah selesai proses upload program, buka serial monitor, setting baudrate ke 5000000. Apabila semuanya ok, maka akan tampil proses seperti berikut yang menandakan proses mining duino coin sedang berlangsung.
Mining Duino-Coin with ESP8266

Perangkat sudah dapat melakukan mining koin dengan baik. kita juga dapat memantau via wallet.  Berapa DUCO yang sudah kita tambang, berapa jumlah penambang yang kita punya, berapa hasrate dari penambang kita, informasi tersebut dapat kita lihat di duco wallet.

Mining Duino-Coin dengan board ESP8266

OK gan, segini dulu untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Ingat ya, duino coin ini orientasinya untuk bersenang-senang yang berfokus pada penambangan hemat energi. Jadi ya jangan berharap banyak untuk dapet cuan gede dari sini. Ya walaupun kita gak tau apan yang akan terjadi di kemudian hari (saat duco ini memiliki banyak dukungan dan kemudian harganya melambung.. hal ini bisa terjadi). Terlepas dari itu semua, hal positif yang dapat kita terima adalah kita dapat mengetahui secara umum dari proses mining suatu crypto coin. 
Nah.. Kalo udah running proses mining nya bisa dicoba untuk send coin ke akun ane ya.. hehe.. Sip, Salam Olahraga!