ESP8266 MLX90614 Contactless IR Thermometer

ESP8266 Contactless IR Thermometer
Pada project kali ini, mari kita mencoba implementasikan "DIY contactless temperature monitor" dengan ESP 8266 ESP01 board dan sensor suhu GY-906 MLX90614. Project ini saya buat untuk monitoring diri saat mau meninggalkan rumah ditengah kondisi krisis sekarang ini. Paling tidak suhu tubuh kita terpantau daripada tidak sama sekali. Karena didesain sebagai perangkat portable, maka diperlukan batterai (8650) dan segala perangkat pendukungnya (modul charger). Untuk casingnya, silahkan berkreasi (anda dapat membuatnya menggunakan printer 3D dan sebagainya), dalam hal ini saya menggunakan casing bekas pemanas lem tembak (glue gun) yang kebetulan sudah rusak.

Skematik Dasar  
Untuk kebutuhan test dan pemahaman skematik, rangkaian dasar dapat dilihat digambar berikut. Yang perlu diprhatikan adalah tegangan kerja dari rangkaian adalah 3.3V. Kita dapat menggunakan pin tegangan 3.3 V pada arduino atau node mcu untuk mensupply tegangan kerja ini.
ESP8266 Contactless IR Thermometer
Program
Pastikan kamu telah install esp8266 board di Arduino IDE. Selain itu diperlukan library Adafruit display (Adafruit_GFX dan Adafruit_SSD1306) dan adafruit sensor (Adafruit_MLX90614). Semua tersedia di library manager (tinggal download => install)
esp 8266 IR thermometer gun
Untuk program, dapat di copy dari kode program di bawah ini

Untuk download programnya ke ESP-01 diperlukan perangkat downloader yaitu ESP01 programmer (dapat dicari di online shop), konfigurasinya dapat lihat kembali di post sebelumnya. Nah untuk hasilnya kira-kira seperti berikut

Lets improve!
Dari rangkaian dasar tersebut diatas, mari kita buat menjadi sistem yang portabel. Dengan demikian maka kita memerlukan modul untuk power supplynya (disini saya menggunakan modul TP4056). Untuk prosesnya diperlukan sebuah tombol yang digunakan untuk memulai proses pengukuran. Setelah 5 detik proses pembacaan suhu maka LCD akan blink yang menandakan proses pengukuran selesai. Untuk indikator lainnya saya menggunakan modul buzzer. Untuk membuat tegangan 3.3V yang akan mensupply ESP01 dan perangkat lainnya, maka digunakan IC regulator AMS1117.
ESP8266 MLX90614 Contactless IR Thermometer
Berikut untuk program dari project Contactless IR Thermometer menggunakan ESP8266 ESP01 dan MLX90614. Pastikan library yang diperlukan sudah terinstall.


Nah, untuk hasil pengukuran yang valid perangkat masih harus dilakukan kalibrasi. Apalagi kalau digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Selamat mencoba! Let's Discuss!

Pencarian Terkait: